Sabtu, 14 November 2015

KULINER (Kapurung Khas Palopo)




Bagi pecinta Kuliner Tidak lengkap rasanya  kita berkunjung ke kota Palu apabila tidak mampir ke warung Kapurung  PINK PALOPO yang ada di Jl. Raden Saleh Depan Palu Golden Untuk Mencicipi Kapurung Makanan Khas Sulawesi selatan (Palopo) yang banyak di jual di kota-kota lain terutama kota palu. selain rasanya yang sangat unik harganyapun terjangkau.Peminat kapurung ini banyak di sukai oleh masyarakat manapun terutama masyarakat kota Palu.
            Kapurung makanan Khas Sulawesi selatan (palopo) ini terbagi menjadi tiga yaitu Kapurung ikan palumara, kapurung Ayam dan kapurung Udang. Ikan yang digunakan untuk membuat kapurung hanya ada dua jenis yaitu ikan Cakalang dengan ikan Ekor kuning karena jenis ikan ini apabila dimasak akan menghasilkan kuah yang kental, dan Ayam yang di pakai itu sejenis Ayam kampung.
            Bahan- bahan yang digunakan untuk membuat kapurung yaitu sagu, sayur bayam, kacang panjang,jantung pisang, jagung,Asam, Lombok, dan kacang tanah, dan cara membuatnya yaitu ikan, udang, atau  ayam di kukus dulu lalu sambil menunggu kacang tanahnya selesai di sangrai setelah itu ikan atau ayam di tumbuk dengan kacang dan lomboknya lalu di campur dengan air kapurung atau kuah ikan.
            Kapurung ini biasanya lebih enak dan menantang apa bila di santap pada siang hari atau dengan keadaan panas .Harga per porsinya itu hanya Rp 20.000 untuk jenis ikan kalau jenis ayam dan udang itu Rp 28.000 per porsinya lebih mahal di banding ikan.pengunjung yang datang tiap harinya selalu ramai dan penghasilan tiap hari khusus menu kapurung saja itu sampai dengan Rp 1,500,000
            Warung PINK PALOPO ini di dirikan sejak 4 tahun yang lalu nama pendiri warung ini yaitu bapak Hatamuddin.warung ini cukup populer juga di kota palu.jam buka warung ini mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 (sore). Letak warungnya juga cukup bagus karena berdekatan dengan pantai.warung PINK PALOPO di kunjungi banyak orang mulai pagi hingga sore hari dan warung PINK PALOPO dibuka mulai dari hari senin sampai dengan hari sabtu sore.Ruangan dari warung itu juga membuat tertarik masyarakat untuk mengunjungi dan untuk makan atau mencicipi menu makanan yang ada di warung tersebut karena ruangannya berwarna pink atau merah jambu, karena warna merah jambu juga melambangkan kedamaian hati.

Nama               : triana dia cahyawati
Stambuk          :501 14 092
Berita              :straight News.
              
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar